Gejala Awal Penyakit Asma?Pengertian Dan Penjelasan

penyakit asma
Penyakit Asma

Taukah Anda Apa itu Penyakit Asma?sebeerapa bahayakah penyakit tersebut?Mari kita simak Beberapa penjelasan berikut Ini yang perlu anda Ketahui..!

Pengertian Penyakit Asma

Asma adalah jenis penyakit jangka panjang atau kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan peradangan dan penyempitan saluran napas yang menimbulkan sesak atau sulit bernapas. Selain sulit bernapas, penderita asma juga bisa mengalami gejala lain seperti nyeri dada, batuk-batuk, dan mengi. Asma bisa diderita oleh semua golongan usia, baik muda atau tua.

Penyebab Penyakit Asma

Meskipun penyebab pasti asma belum diketahui secara jelas, namun ada beberapa hal yang kerap memicunya, seperti:asap rokok, debu, bulu binatang, aktivitas fisik, udara dingin, infeksi virus, atau bahkan terpapar zat kimia.

Bagi seseorang yang memiliki penyakit asma, saluran pernapasannya lebih sensitif dibandingkan orang lain yang tidak hidup dengan kondisi ini. Ketika paru-paru teriritasi pemicu di atas, maka otot-otot saluran pernapasan penderita asma akan menjadi kaku dan membuat saluran tersebut menyempit. Selain itu, akan terjadi peningkatan produksi dahak yang menjadikan bernapas makin sulit dilakukan.

Berikut adalah Gejala Atau Tanda Awal Seseorang Mengidap penyakit Asma

Tanda-tanda awal serangan asma adalah cara tubuh Anda untuk memperingatkan bahwa serangan asma akan segera muncul. Untuk mengenali seperti apa gejala awal asma pada diri Anda, Anda harus belajar dari serangan asma yang terdahulu, supaya Anda bisa mencegah terjadinya serangan asma di kemudian hari, atau mengupayakan agar serangannya tidak terlalu parah.

Gejala awal serangan asma mungkin saja muncul beberapa hari atau beberapa jam sebelum serangan asma terjadi. Berikut ini tanda-tandanya:

>Batuk yang tidak sembuh-sembuh, terutama di malam hari
>Angka peak flow meter yang rendah atau menurun
>Napas tersengal-sengal
>Sangat lemas, terutama saat olahraga
>Batuk atau mengi (suara napas berbunyi seperti peluit lirih) saat olahraga
>Tidak bisa bernapas setelah olahraga
>Mudah lelah
>Susah tidur di malam hari
>Perubahan mood, misalnya jadi lebih banyak diam atau mudah marah
>Muncul gejala-gejala mirip pilek atau alergi seperti hidung meler atau tersumbat, bersin, batuk, sakit tenggorokan,    dan sakit kepala
>Dada terasa sesak seperti ada yang menindih keras
>Dagu gatal
>Muncul kantong mata gelap
>Haus terus
>Mata gatal atau berair
>Sakit perut
>Sakit kepala
>Demam
>Gelisah
>Warna wajah berubah jadi kemerahan atau malah pucat
>Sering berdeham
>Eksim kumat

Sekian  yang bisa kami bagikan saat ini,semoga bermanfaat dan terimakasih telah mengunjungi situs kami

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*