Fungsi Kolesterol Sebenarnya..,Lalu Bagaimana Jika Kolestrol Berlebihan?

APA YANG DIMAKSUD DENGAN KOLESTEROL???

Funggsi Kolesterol Didalam Tubuh

Kolestrol merupakan senyawa lemak (lipid) yang menyerupai lilin.Sebagian besar kolestrol di produksi dihatai dan lainnya di dapat dari makanan.dan Fungsi kolesterol  di dalam tubuh adalah turut memproduksi sel-sel sehat,sejumlah hormon,serta vitamin d . Juga sebagai prekursor untuk banyak hormon, termasuk testosteron dan estrogen, menjaga cairan sel membran, dan berkontribusi terhadap pembentukan asam empedu yang membantu mencerna lemak.

kolesterol

Bagaimana Jika Kolesterol Didalam Tubuh Berlebihan?

Walaupun Kolesterol dibutuhkan ,Namun kolesterol yang berlebiahan akn mengahambat aliran darah ,sehingga banyak bagian tubuh yang kekurangan pasokan darah.Sehingga beresiko menimbulkan penyakit yang serius,seperti struke dan serangan jantung.Selain faktor Genetik atu keturunan, kolesterol berlebih juga disebabkan oleh  makanan yang mengandung banyak lemak dan kurangnya aktivitas olahraga.

Di dalam darah, kolesterol dibawa oleh protein yang disebut lipoprotein. Terdapat dua jenis lipoprotein, yaitu lipoprotein dengan kepadatan rendah (LDL) yang biasa disebut dengan kolesterol jahat, dan lipoprotein dengan kepadatan tinggi (HDL) yang  disebut juga  kolesterol baik.

Masalah Yang Ditimbulkan Jika Kolesterol Berlebihan

Karena kolesterol tinggi (berlebihan) tidak memiliki gejala yang khas, maka sering terabaikan oleh kita dan teranggap tidak berbahaya. Padahal, jika dibiarkan kolesterol berlebih bisa mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya hingga terjadi komplikasi.Berikut adalh masalah /komplikasi yang ditimbulkan:

  • Penyakit Jantung Koroner,Ini adalah penyakit utama yang disebabkan oleh kolesterol berlebih,Ldl atau kolesterol jahat akan menumpuk di dinding arteri sehinagga akan menimbulkan plak yang disebut aterosklerosis.Plak ini menyebabkan arteri menjadi sempit, sehingga aliran darah pun melambat dan menurunkan asupan darah ke jantung, yang mengakibatkan gejala nyeri dada (angina). Jika kadar kolesterol tidak diturunkan, plak dapat menumpuk semakin banyak sampai akhirnya menyumbat total pembuluh darah jantung, dan menyebabkan serangan jantung.
  • Serangan Jantung,Penyekit ini dapat menyebabkan serangan jatung,hal ini  terjadi karena plak tang menumpuk didinding arteri bisa robek kapan saja.Saat plak tersebut robek atau pecah, akan menyebabkan pembekuan dan gumpalan-gumpalan darah yang dapat menghalangi aliran darah menuju jantung. Sehingga resiko terkena serangan jantung tinggi.

Kolesterol dan penyakit kardiovaskuler juga terkait oleh proses yang disebut ateroklerosis, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika terbentuk plak pada dinding pembuluh darah arteri. Penumpukan ini mempersempit arteri, sehingga darah sulit untuk mengalir melalui arteri. Plak juga bisa pecah (ruptur) dan memicu terbentuknya bekuan darah dan gangguan aliran darah ini dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung atau strok

TERIMAKASIH SUDAH BERKUNJUNG DAN SEMOGA BERMANFAAT

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*